There are five ways to organize Information (Richard Saul Wurman) :
Bisa disingkat LATCH :
1. Category
2. Time
3.Location
4.Alphabet
5.Hierarchy
1. Category
Mengacu pada pengorganisasian berdasarkan kesamaan atau ketertarikan.
Mengatur informasi berdasarkan kategori ketika cluster kesamaan ada dalam informasi, atau ketika seseorang secara alami akan mencari informasi berdasarkan kategori. Contohnya : Seseorang yang ingin membeli stereo dapat mencari kategori untuk peralatan elektronik.
2. Time
Mengacu pada organisasi dengan urutan kronologis
Waktu bekerja sebagai prinsip organisasi untuk peristiwa yang terjadi selama jangka waktu tetap, seperti konvensi.
Waktu adalah kerangka yang mudah dimengerti dari mana perubahan dapat diamati dan suatu perbandingan bisa di buat.
3.Location
Ketika orientasi dan cara temuan penting atau ketika informasi adalah makna sepenuhnya terkait dengan geografi tempat (misalnya, situs bersejarah).
4.Alphabet
Mengacu pada organisasi berdasarkan dengan urutan abjad.
Mengatur informasi abjad, ketika akses non linier efesien untuk item tertentu diperlukan, atau saat tidak ada strategi pengorganisasian lainnya adalah tepat , sebagai rangkaian kesatuan.
5. Hierarchy /Continuum
Mengacu pada organisasi dengan besarnya (besarannya) misalnya : tertinggi ke terendah, terbaik ke terburuk.
Dasar-Dasar Organisasi Informasi
Reviewed by Lowongan Pekerjaan
on
Oktober 29, 2017
Rating:
Tidak ada komentar: