Cara Memilih Topik Untuk Makalah Anda



1. Tanyakan pada diri Anda mengenai hal yang penting. Walaupun Anda terbatas pada garis pedoman yang berhubungan dengan sekolah atau pekerjaan, memilih topik adalah langkah pertama dan paling penting pada proyek naskah penelitian Anda. Tak peduli Anda bisa memilih topik apapun atau sudah ditentukan, sangat penting Anda memiliki sebuah pertanyaan di dalam pikiran Anda: Apakah ada jumlah penelitian yang cukup mengenai topik ini? Apakah topik ini cukup baru dan unik sehingga saya bisa memberikan pendapat yang baru? Apakah ini bersangkutan dengan kelas/pekerjaan saya?




2. Pilih sesuatu yang Anda sukai. Jika memungkinkan, pilih topik yang membuat Anda bersemangat. Menulis mengenai sesuatu yang Anda sukai pasti terlihat pada produk yang dihasilkan, sehingga Anda lebih berkemungkinan sukses jika menulis naskah mengenai hal yang Anda sukai.





3. Buatlah sesuatu yang orisinil. Jika Anda menulis naskah penelitian untuk sebuah kelas, pikirkan mengenai pelajar lainnya. Apakah mungkin mereka juga akan menulis mengenai topik yang sama? Bagaimana Anda bisa menulis naskah yang unik dan menarik jika semua orang menulis mengenai hal yang sama?





4. Minta saran. Jika Anda kesulitan mencari topik yang terasa “benar”, minta saran dari profesor atau rekan kerja/teman sekelas Anda. Mereka kemungkinan memiliki ide bagus yang, walaupun tidak ada pilihan yang Anda sukai, mereka bisa menginspirasi Anda dengan ide lainnya. Bertanya pada profesor Anda mungkin sedikit menakutkan, tetapi mereka ingin Anda sukses dengan karangan Anda, dan akan melakukan apapun yang bisa mereka lakukan untuk membuat itu terjadi.




5. Jangan takut mengubah topik Anda. Jika Anda sudah memilih suatu topik, mulai melakukan penelitian, dan menyadari bahwa itu bukan pilihan yang benar karena suatu alasan tertentu, jangan khawatir! Walaupun akan menghabiskan sedikit waktu, Anda bisa mengubah topik Anda bahkan sebelum melakukan penelitian lainnya.





Cara Memilih Topik Untuk Makalah Anda Cara Memilih Topik Untuk Makalah Anda Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.