Cara Mencari Data di Internet Untuk Melakukan Penelitian



1. Gunakan internet untuk penelitian eksploratif. Tergantung topik yang Anda pilih, internet bisa menjadi gudang informasi, atau wadah opini dan sungai komentar. Internet menyediakan informasi terkini dengan cepat, tetapi membedakan antara sumber yang baik dan buruk akan sedikit sulit.
  • Situs web pemerintah (situs web yang berakhiran .gov) adalah sumber data dan definisi yang baik. Contohnya, situs “The Center for Disease Control and Prevention” memiliki banyak data seputar obesitas di Amerika Serikat, bagaimana penyakit tersebut memengaruhi kalangan tertentu, dan rincian kasus obesitas dari setiap negara bagian di Amerika Serikat.
  • Situs web non-profit (situs web yang berakhiran .org) juga bisa dijadikan sumber opini yang baik. Umunya, organisasi akan memiliki sebuah “agenda” dan akan menyediakan berbagai informasi yang mendukung posisi mereka. Hal ini bisa membantu penelitian Anda, tetapi juga bisa menentang isu yang Anda angkat.
  • Blog dan situs perpesanan juga bisa menjadi tempat untuk mengumpulkan opini orang banyak dan bisa dimanfaatkan untuk mencari ide pertanyaan yang Anda tanyakan sendiri, tetapi tidak cocok untuk dijadikan sumber dukungan. Dalam kata lain, blog dan pesan tidak bagus untuk dikutip.


2. Gunakan internet untuk mendefinisikan istilah dengan cepat. Apakah obesitas adalah sebuah penyakit? Apa yang kita maksudkan dengan menyebutnya sebagai “wabah”? Istilah-istilah ini bisa dan harus Anda lihat di internet dengan cepat. Dengan menjelaskan pengertian istilah-istilah tersebut dan mengenali topik yang Anda pilih--menjadi ahli amatiran pada topik itu--Anda akan lebih tahu ketika bertemu dengan sumber-sumber yang lebih bersifat teknis yang harus digunakan untuk penelitian suportif.



3. Gunakan Wikipedia sebagai sumber daya, bukan sebagai sumber. Salah satu hal yang baik tentang wiki (seperti wikiHow!) adalah sumber yang dijadikan referensi di sepanjang artikel tersedia di bagian bawah laman bagi Anda untuk diteliti. Sumber-sumber ini adalah sumber informasi yang biasanya lebih baik dari wiki, dan organisasi laman tersebut bisa membantu Anda menggunakannya sebagai rangkuman dari informasi di sumber-sumber tersebut, daripada harus menggali sumber itu secara langsung.



4. Carilah artikel dan opini yang kaya informasi. Saat Anda membaca di internet, carilah percampuran antara statistika, data, dan opini. Menggali informasi dari sebuah blog yang berisi konspirasi seseorang tentang hormon pertumbuhan yang ditemukan di jajanan anak sekolah sehingga menyebabkan anak-anak obesitas, tetapi mungkin ada suatu hal di sana yang bisa menginspirasi Anda. Apa hubungannya obesitas dengan jajanan anak sekolah? Penelitian apa yang sudah dilakukan? Carilah lebih banyak laman yang lebih kaya dengan informasi yang serupa.

Cara Mencari Data di Internet Untuk Melakukan Penelitian Cara Mencari Data di Internet Untuk Melakukan Penelitian Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.