Cara Mengatur Data Penelitian Yang Sudah Terkumpul



1. Lakukan evaluasi terhadap sumber-sumber Anda. Saat mengumpulkan hasil penelitian, identifikasilah argumen dan sumber yang paling persuasif. Gunakanlah argumen dan sumber tersebut sebagai batu loncatan untuk argumen Anda. Jika Anda menemukan bahwa lingkungan dengan sekolah yang menyediakan mesin penjual otomatis memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi sebanyak 30%, bagaimana bisa Anda mengubahnya menjadi argumen untuk mendukung penelitian tersebut? Bagaimana hasil penelitiannya?



2. Buatlah kalimat tesis dari penelitian Anda. Kalimat tesis adalah hal terpenting yang Anda ingin tunjukkan di dalam laporan penelitian Anda. Kalimat tesis harus spesifik dan tidak mutlak. Kalimat ini akan memberikan peta akan ke arah mana laporan Anda berjalan. Kalimat tesis yang baik akan membantu penulis juga pembaca, karena kalimat ini akan memberikan sebuah gambaran untuk dibuktikan dengan tulisan Anda.
  • Kalimat tesis yang buruk akan berbunyi, “sekolah harus melakukan sesuatu untuk menghindari obesitas”. Kalimat ini tidak jelas dan sulit dibuktikan. Sekolah apa? Apa yang harus sekolah tersebut lakukan?. “Sekolah Negeri Keong Emas bisa menurunkan tingkat obesitas di sekolahnya dan bahkan di wilayahnya dengan melarang adanya mesin penjual otomatis dan menyediakan pilihan makanan yang lebih sehat” adalah kalimat yang bisa menunjukkan sebuah argumen dan bisa dibuktikan.



3. Belajarlah untuk memparafrasekan kutipan secara efektif. Bagaimana Anda mempresentasikan penelitian Anda agar lebih mudah dibaca?
  • Parafrase informasi yang ada untuk menerjemahkan kata-kata dari sumber ke kata-kata Anda sendiri. Parafrase harus mengandung informasi dari sumber, tetapi tidak dikutip langsung. Parafrase sangat efektif digunakan untuk meringkas sebuah posisi atau argumen. Anda masih menyebutkan penulisnya, jadi para pembaca dapat mengetahui bahwa observasi tersebut bukanlah hasil pemikiran Anda. Dalam kata lain, Anda bisa menulis:
    • Menurut Adam, sekolah yang menyediakan mesin penjual otomatis di kantin akan mengalami kenaikan tingkat obesitas.
  • Kutiplah secara langsung dari artikel sumbernya. Hal ini sangat efektif digunakan ketika ada sesuatu di dalam kata-kata di sumber tersebut yang ingin Anda tekankan atau sorot sebagai bagian dari penelitian Anda:
    • Menurut Adam, “Adanya mesin penjuan otomatis menunjukkan kenaikan keinginan untuk mengonsumsi makanan nirnutrisi yang dialami siswa-siswa di sekolah-sekolah tersebut, sehingga menyebabkan reaksi beruntun yang menunjang pilihan buruk para siswa”.
  • Belajarlah untuk mengetahui dan menghindari plagiarisme. Plagiarisme bisa terjadi secara tidak sengaja, jadi Anda harus belajar untuk mengetahui bagaimana plagiarisme bisa terjadi dan menghindarinya.




4. Kutiplah sumber-sumber yang Anda gunakan. Jika Anda menulis esai penelitian, Anda harus belajar untuk menyajikan daftar pustaka untuk setiap sumber yang Anda jadikan sebagai referensi, baik itu dengan metode parafrase atau kutipan langsung. Gunakan sisipan atau catatan kaki (footnote) di dalam tulisan Anda, dan sertakan di daftar pustaka di akhir laporan termasuk informasi publikasi untuk setiap sumber. Guru Anda mungkin meminta Anda untuk menggunakan gaya pengutipan tertentu, tetapi, gaya pengutipan yang paling umum digunakan adalah:
  • MLA
  • APA
  • Gaya Chicago
  • Turabian
Cara Mengatur Data Penelitian Yang Sudah Terkumpul Cara Mengatur Data Penelitian Yang Sudah Terkumpul Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.