Melakukan Riset Primer Salah Satu Bagian Penting Dari Penelitian



1. Lakukan penelitian primer untuk subjek lokal atau subjektif, jika tugas Anda berhubungan dengan hal tersebut. Beberapa topik dan tugas akan membutuhkan riset primer, yang artinya Anda harus mengumpulkan data sendiri. Jika Anda mendapatkan topik yang sudah dilokalisasikan—seperti masalah obesitas di universitas Anda, sebagai contoh—sebaiknya pertimbangkan untuk membuat kuesioner pendek atau cara lain untuk menganalisis data untuk kepentingan penelitian.


2. Carilah ukuran sampel yang cocok untuk penelitian Anda. Tidak semua survey dan kuesioner dapat diberikan kepada semua orang. Sejumlah hasil akan bisa digunakan untuk memahami isu tersebut. Apa mengumpulkan opini 20 pria di ruang loker tentang obesitas akan menghasilkan sesuatu? Atau kepada semua orang di lantai asrama Anda? Atau 300 orang di pertandingan sepak bola?
  • Sadarilah adanya keberpihakan. Targetkan pada sampel yang bercampur antara pria dan wanita dengan berbagai usia, latar belakang sosial dan ekonomi, dan tempat lahir.


3. Tentukan cara untuk mengumpulkan data. Jika Anda mengincar opini, kuesioner adalah pilihan terbaik dan cara pengumpulan data yang paling efisien, tetapi kuesioner mungkin tidak cocok dengan topik Anda.
  • Jika Anda tertarik pada kebiasaan makan dan adanya makanan nirnutrisi di kafetaria, pertimbangkan untuk memperhatikan antrean makan siang selama beberapa hari dalam seminggu dan menghitung jumlah siswa yang mengonsumsi makan siang komplit termasuk makanan penutup, soda, atau permen. Hitunglah hasil menggunakan turus selama proses penelitian.
  • Wawancara mungkin bisa digunakan jika Anda bisa menemui seorang pakar atau pihak lain yang terlibat dengan topik yang sedang Anda teliti. Jika Anda ingin mempelajari tentang makan siang anak sekolah, bicaralah kepada petugas kantin, kepala sekolah di sekolah tersebut, atau orang lain yang terlibat. Beri tahu apa yang sedang Anda teliti dan jelas proyek tersebut sebelum berbicara dengan mereka.


4. Kumpulkan hasil penelitian. Setelah memilih metode pengumpulan data, distribusikan survey, lakukan observasi terhadap sikap Anda, atau lakukan wawancara, dan kumpulkan data. Analisislah hasil penelitian dan rangkumlah penemuan tersebut sehingga bisa digunakan untuk laporan penelitian Anda.
  • Jika hipotesis Anda mengenai penelitian ini ternyata salah, jangan khawatir. Hal ini bisa menjadi sumber informasi yang bagus untuk ditampilkan dalam laporan penelitian. Anda menunjukkan komitmen untuk menemukan “kebenaran” mengenai topik yang Anda pilih.



Melakukan Riset Primer Salah Satu Bagian Penting Dari Penelitian Melakukan Riset Primer Salah Satu Bagian Penting Dari Penelitian Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.