Cara Menulis Tesis Yang Baik

1. Buatlah pernyataan tesis Anda spesifik dalam lingkup tertentu. Anda harus menyampaikan satu masalah dengan rincian yang banyak sehingga poin-poin Anda dapat didukung sepenuhnya dalam isi makalah. Perhatikan contoh-contoh berikut:
  • Saat kedua sisi berperang dalam Perang Saudara mengenai masalah perbudakan, sisi Utara bertarung karena alasan moral sedangkan sisi Selatan bertarung untuk mempertahankan institusinya. 
  • Masalah utama dari industri baja di Amerika adalah kurangnya dana untuk merenovasi pabrik dan peralatan yang sudah kuno. 
  • Cerita-cerita Hemingway menciptakan gaya prosa baru dengan menggunakan dialog yang panjang lebar, kalimat-kalimat pendek, dan kata-kata Anglo-saxonyang tegas. 


2. Mulailah dengan pertanyaan. Tidak peduli seberapa rumit subjek yang Anda tulis, hampir semua tesis dapat disusun dengan menjawab sebuah pertanyaan. Misalnya, anggaplah Anda diberi tugas menulis laporan kepada pimpinan sekolah untuk menjelaskan alasan penggunaan komputer untuk ruang kelas 4 akan menguntungkan. Ubahlah tugas tersebut menjadi pertanyaan seperti "Apakah guna penggunaan komputer di ruang kelas empat? " dan buatlah sebuah kalimat yang akan menjadi tesis Anda: "Keuntungan potensial dari penggunaan komputer di ruang kelas empat adalah…."





3. Ikuti susunan yang baik. Mengetahui cara-cara dasar tidak hanya akan membuat tesis Anda tidak terlalu panjang tetapi juga membantu Anda melihat cara menyusun keseluruhan argumen Anda. Tesis Anda harus berisi dua bagian:
  • Topik atau subjek yang jelas
  • Ringkasan singkat yang akan Anda tulis
  • Cara lain untuk melihat tesis adalah melihatnya sebagai rumus atau pola, yang mengandung ide Anda: 
    • [Sesuatu] [melakukan sesuatu] karena [alasan].
    • Karena [alasan], [sesuatu] [melakukan sesuatu].
    • Meskipun [bukti yang melawan], [alasan] menunjukkan bahwa [sesuatu] [melakukan sesuatu].
  • Contoh yang terakhir memasukkan argumen lawan yang membuat tesis semakin rumit tetapi memperkuat argumen Anda. Sebenarnya, Anda harus selalu tanggap pada semua argumen yang melawan tesis Anda. Dengan melakukannya Anda bisa memperbaiki tesis Anda dan memaksa Anda untuk mempertimbangkan argumen yang akan didebat dalam makalah.


4. Tuliskan tesis Anda. Menuliskan tesis awal akan membantu Anda terarah pada jalan yang benar dan memaksa Anda memikirkannya, mengembangkan ide lebih dalam, dan mengklarifikasi isi makalah. Anda juga bisa memikirkan tesis secara logis, jelas, dan singkat.
  • Ada dua pandangan tentang waktu penulisan tesis. Beberapa orang mengatakan Anda seharusnya tidak menulis makalah tanpa memikirkan dan menuliskan tesis, meskipun Anda harus mengubahnya sedikit pada akhirnya. Pandangan yang lain mengatakan bahwa Anda mungkin tidak akan tahu arah tujuan Anda sampai Anda mencobanya, jadi jangan menuliskan tesis Anda sebelum Anda mengetahuinya. Lakukan yang menurut Anda terbaik untukmu.
Cara Menulis Tesis Yang Baik Cara Menulis Tesis Yang Baik Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.