Perhatikan ini Jika Kamu Ingin Memperbaiki Tesis Kamu



1. Analisislah pernyataan tesis Anda setelah Anda menuliskan atau sedang menyelesaikan tesis akhirmu. Tujuannya adalah membuat Anda menghindari melakukan kesalahan yang dapat melemahkan tesis Anda. Untuk memahami lebih baik hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus dijauhi, pertimbangkan hal-hal berikut:
  • Jangan pernah menanyakan pertanyaan menggunakan tesis. Tesis digunakan untuk menjawab pertanyaan, bukan menanyakan.
  • Tesis bukanlah sebuah daftar. Jika Anda mencoba menjawab pertanyaan spesifik, terlalu banyak variabel akan membuyarkan fokus makalah Anda. Buatlah semuanya singkat dan padat.
  • Jangan pernah menyebutkan topik baru yang tidak ingin Anda bahas dalam makalah.
  • Jangan menulis dalam sudut pandang orang pertama. Menggunakan kalimat seperti "Saya akan menunjukkan…," biasanya banyak digunakan oleh mahasiswa.
  • Jangan menyerang. Tujuan makalah Anda adalah untuk meyakinkan seseorang akan posisi Anda, bukan membuat mereka kesal, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat mereka mendengarkan Anda. Gunakan nada yang terbuka, menemukan kesamaan pendapat dari dua pandangan yang berbeda.


2. Sadari bahwa tesis Anda tidak harus mutlak. Bayangkan tesis sebagai "tesis dalam proses pengerjaan" sehingga masih bisa diubah. Saat Anda menulis makalah, pendapat Anda mungkin berubah atau arah makalah Anda berubah sedikit.  Jadi, pastikan untuk terus-menerus membaca ulang tesis Anda, membandingkannya dengan makalah Anda, dan membuat perubahan yang sesuai sehingga keduanya cocok. Setelah makalah Anda selesai, kembalilah ke tesis Anda dan tentukan jika tesis Anda membutuhkan perubahan lain.



  • Pikirkan tesis Anda sebagai kasus yang harus dibela pengacara. Penyataan tesis harus menjelaskan pada pembaca Anda mengenai kasus yang ingin Anda buat dan cara Anda melakukannya. Anda juga bisa menganggap tesis sebagai kontrak. Memperkenalkan ide-ide baru yang tidak disiapkan oleh pembaca akan berisiko besar.
  • Pernyataan tesis yang efektif mengotrol keseluruhan argumen. Pernyataan tesis menentukan hal-hal yang tidak bisa Anda katakan. Jika sebuah paragraf tidak mendukung tesis Anda, buanglah atau gantilah tesis Anda.

Perhatikan ini Jika Kamu Ingin Memperbaiki Tesis Kamu Perhatikan ini Jika Kamu Ingin Memperbaiki Tesis Kamu Reviewed by Lowongan Pekerjaan on Desember 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.